Laman

Selasa, 14 Desember 2010

TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS

TANGGUNG JAWAB SOSIAL SUATU BISNIS

1. Benturan dengan kepentingan masyarakat
• Klasifikasi aspek pendorong tanggung jawab sosial
 Bertanggung jawab terhadap konsumen
Perusahaan harus memuaskan konsumen terhadap produk yng telah di produksinnya.Konsumen mempunyai hak yang perlu dilindungi :
*) Hak untuk keselamatan
*) Hak untuk memperoleh informasi
*) Hak untuk memilih
*) Hak untuk didengar
 Bertanggung jawab terhadap tenaga kerja
Perusahaaan juga harus bertanggung jawab terhadap tenaga kerja yang tentunya sangat mengharapkan adanya kenyamanan dalam bekerja,pemberian upah yang layak,adanya asuransi kesehatan,cuti,rekreasi.
 Bertanggung jawab terhadap lingkungan
Menciptakan lingkungan perusahaan yang sehat,bebas dari polusi yang disebabkan oleh limbah perusahaan.
 Bertanggung jawab terhadap investor
Eksekutif perusahaan harus dapat meyakinkan kepada investor bahwa pengelolaan keuangan perusahaan sudah tepat.



2. Dorongan tanggung jawab sosial
• Manfaat penerapan manajemen orientasi kemanusiaan
Untuk meningkatkan kinerja dari setiap karyawan dan dapat menambah wawasan ilmu pengetahuan dalam pekerjaan yang mereka lakukan .

3. Etika bisnis
• Hubungan antara bisnis dengan konsumen
Perilaku bisnis harus mengacu pada kebenaran atau kejujuran berusaha kepada setiap konsumen agar konsumen dapat percaya terhadap bisnis yang kita jalankan dan bisnis kita dapat berjalan dengan lancar.
• Hubungan dengan karyawan
Kita sebagai pemilik bisnis harus menjaga hubungan baik terhadap karyawan.Menghargai dan menghormati mereka karena sudah dapat menjalankan pekerjaan merekan dengan baik.Tanpa adanya karyawan yang membantu bisnis kita tidak dapat berjalan dengan sempurna.
• Hubungan antar bisnis
Persaingan bisnis pada zaman sekarang sangat pesat kita sebagai pembisnis jalankanlah persaingan bisnis dengan baik dan menjaga hubungan relasi dengan baik.
• Hubungan dengan investor
Pada umumnya investor sangat berkepentingan terhadap kemajuan bisnis terutama terkait dengan pegelolaan dana,jual beli saham.Hal tersebut tentu saja menyangkut masalah laba yang akan dibagikan kepada para pemegang saham.Maka dari itu kita harus ramah dan jujur tehadap investor.
• Hubungan dengan lembaga-lembaga keuangan
Mengembangkan hubungan yang serasi pada tingkat perusahaan guna mencapai sasaran dalam lingkungan perusahaan yang harmonis dan sasaran nasional baik bidang pertumbuhan ekonomi,stabilitas di sector industry dan perluasan kesempatan kerja.

4. Bentuk-bentuk tanggung jawab sosial terhadap suatu bisnis
• Hubungan industrial pancasila
Suatu system hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barng dan jasa (bekerja,pengusaha dan pemerintah) yang didasarkan atas nilai-nilai yang merupakan manifestasi dari keseluruhan sila-sila dari pancasila dan UUD 1945 yang tumbuh dan berkembang di atas kepribadian bangsa dan kebudayaan nasional Indonesia.
• Analisis dampak lingkungan (AMDAL)
Lingkungan sangat mempengaruhi terhadap suatu bisnis meliputi stuktur golongan yang ada dalam masyarakat termasuk sifat dan perkembangan dari lembaga-lembaga sosial.
• Penerapan prinsip kesehatan dan keselamatan kerja (K3)
 Factor nasib dari karyawan yang terkena kecelakaan
Pada masa ini tidak ada upaya rasional untuk mencegah terjadinya kecelakaan jangan sampai terulang.
 Factor lingkungan fisik para karyawan mis:mesin,gedung upaya lebih diarahkan pada pemasanagan fasilitas yang sifatnya melindungi.
 Factor kelalaian manusia
Perhatian dan perbaikan lebih diarahkan pada peningkatan kesadaran dan tindakan manusia.
• Perkebunan inti rakyat (PIR)
System yang melibatkan perkebunan besar milik Negara dan perkebunan kecil milik masyarakat umum.Perkebunan besar berfungsi untuk inti penggerak perkebunan semua bahan bakunya diperoleh dari perkebunan kecil.
• System bapak angkat dan anak angkat
System ini melibatkan pengusaha besar mengangkat pengusaha kecil/menengah sebagai relasi kerja yang harus mereka bina.Hal ini menyebabkan masalah pengusaha besar oleh kerena itu diperlukan kesadaran yang tinggi.
SUMBER : PENGANTAR BISNIS MURTI SUMARNI-JOHN SOEPRIHANTO

Tidak ada komentar:

Posting Komentar