PEMASARAN
1. Pemasaran
Pemasaran menurut Stanton seluruh system yang berhubungan dengan kegiatan untuk merencanakan dan menentukan haraga mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan pembeli baik actual maupun potensial.Pemasaran itu suatu proses dimana individu atau kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan suatu produk dengan pihak lain.
2. Inti pemasaran
• Kebutuhan
• Keinginan
• Permintaan
• Produk
• Pertukaran
• Transaksi
• Pasar
3. Falsafah manajemen pemasaran
• Konsep produksi
Selera konsumen akan menyukai suatu produk yang ditawarkan apabila dapat terjangkau sesuai kemampuan mereka.oleh karena itu manajemen harus bisa berkonsentrasi pada peningkatan efisiensi produk.
• Konsep produk
Konsumen akan tertarik pada suatu produk yang menawarkan mutu, penempilan maupun keistimewaan yang lebih bagus dibangkan produk lain yang sejenis.olehkarena itu perusahaan atau organisasi perlu melakukan perbaikan produk yang berkesinambungan.
• Konsep penjualan
Konsep ini biasnya dilakukan pada produk-produk yang diminati oleh konsumen dan teknik penjualan ini harus menerangkan manfaat dari suatu produk tersebut.contoh asuransi.
• Konsep pemasaran
Melihat dengan teliti apa yang diinginkan konsumen dalam menentukan kebutuhan dan keinginan pasar serta dapat member kepuasan yang lebih dari pada apa yang dilakukan oleh pesaing.
4. Bauran pemasran ( marketing mix)
Keberhasilan suatu perusahaan di bidang pemasran dapat memilih produk yang tepat sesuai dengan keinginan konsumen, harga yang layak ,saluran distribusi yang baik,promosi yang efektif.
• Produk
Barang atau jasa yang ditawarkan kepada konsumen atau pasar untuk mendapatkan perhatian dan permintaan serta konsumsi yang dapat memenuhi kinginan dan kebutuhan.
Pembeli akan membeli produk yang ditawarkan apabila merasa cocok.
Oleh karena itu memasrkan suatu produk harus yang berkualitas,sesuai dengan kebutuhan,harga yang terjangkau,kemasan yang menarik.
• Harga
Sejumlah kompensasi uang atau barang yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi barang atau jasa.Harag sangat menentukan dalam mengambil suatu keputusan untuk membeli barang atau jasa.
• Saluran distribusi
Saluran yang digunakan produsen untuk menyalurkan produk agar sampai ke tangan konsumen.Saluran distribusi sangat penting untuk menyalurkan sutu produknya.diperlukannya penyalur untuk suatu perusahaan agar produk yang sudah dibuat perusahaan dapat tersebar secara luas.
• Promosi
Promosi merupakn kegiatan yang aktif dilakukan perusahaan untuk mendorong konsumen membeli produk yang diawarkan .kegiatan prmosi pada umumnya seperti iklan,promosi penjualan,pemasran langsung ke masyarakat,hubungan antara masyarakat.
5. Tujuan system pemasaran
Memaksimalkan konsumsi
Memaksimalkan kepuasn konsumen
Memaksimalkan pilihan
Memaksimalkan kualitas hidup
SUMBER: tulisan yang saya buat ini bersumber dari beberapa buku Pengantar Bisnis oleh M.Fuad,Chistin H,Nurlela,Sugiarto,Paulus Y.E.F
bagaimana produk yang kita distribusikan secara merata dan hasilnya produk itu tidak keluar bahkan cenderung terjadi BS,yang saya tanyakan bagaimana caranya agar produk yang sudah terdistribusi keluar dan disenangi konsumen.terima kasih
BalasHapus