Laman

Senin, 01 November 2010

PEMASARAN

PEMASARAN
1.Pengertian pasar dan pemasaran
• Pasar secara umum dapat dikatakan tempat pertemuan antara penjual dengan pembeli atau orng-orang yang mempunyai keinginan untuk puas mempunyai uang berbelanja dan mempunyai kemauan untuk membelanjakannya.
• Pemasaran adalah suatu system keseluruhan dari kegiatan bisnis yang ditunjukkan untuk merencanakan,menentukan harga,mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan,baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

2.Jenis-jenis pasar
• Pasar konsumen sekelompok pembeli yang membeli barang untuk dikonsumsikan bukannya di jual atau di proses lebih lanjut.
• Pasar industry pasr yang terdiri atas industry dan lembaga atau organisasi yang membeli barang untuk dipakai lagi baik secara langsung maupun tidak langsung.
• Pasar penjual suatu pasar yang terdiri atas individu dan organisasi yang membeli barang dengan maksud untuk di jual lagi.
• Pasar pemerintah pasr dimana terdapat lembaga-lembaga pemerintah


3.Konsep-konsep inti pemasaran
1. Konsep produksi (The production concept)
Apabila konsumen menyukai produk yang tersedia dengan kntuk kemampuannya manajemen harus berupaya untuk meningkatkan efisiensi produksi dan distribusi.
2. Konsep produk (the product concept)
Konsumen akan menyukai yang menawarkan kualitas dan keistimewaan yang menonjol oleh karena itu produsen harus berupaya untuk memperbaiki produk secara terus menerus.


3. Konsep penjualan (the selling concept)
Konsep penjualan lebih mementingkan volume penjualan dari pada kepuasan konsumen .
4. Konsep pemasaran (the marketing concept)

4.Manajemen pemasaran
• Keadaan permintaan dan tugas pasar
1.Permintaan negative
2.Tidak ada permintaan
3.Permintaan terpendam
4.Permintaan yang menurun
5.Permintaan yang tidak teralar
6.Permintaan penuh
7.Permintaan yang berlebihan
• Falsafah manajemen pemasaran
 Konsep produksi
 Konsep produk
 Konsep penjualan
 Konsep pemasaran
 Konsep pemasaran kemasyarakatan
5.Bauran pemasaran
• Produk setiap barang atau apa saja yang bias ditawarkan di pasar untuk mendapatkan perhatian,permintaan yang dapat memenuhi keinginan atau kebutuhan.
• Harga adalah jumlah uang ditambah beberapa produk kalau mungkin yang dibutuhkan untuk mendapatkan sejumlah kombinasi dari barang besrta pelayananya.
• Saluran distribusi saluran yang digunakan oleh produsen untuk menyalurkan produk tersebut dari produsen sampai ke konsumen atau industry pemakai
• Promosi memasarakan suatu produk atau pelayanan jasa agar konsumen tertarik untuk membelinya

6.Tujuan sistem pemasaran
• Tujuan dari system pemasaran
 memaksimalkan konsumsi
 memaksimalkan kepuasan konsumen
 memaksimalkan pilihan
 memaksimalkan kualitas hidup

7.Pendekatan dalam mempelajari pemasaran
• pendekatan serba barang pendekatan yang melibatkan studi tentang bagaimana produk tertentu berpindah dari produsen ke konsumen..
• pendekatan instilasi yang mempelajari pemasran dengan segi organisasi yang terlibat dalam kegiatan pemasaran.
• Pendekatan fungsionaljumlah dan macam fungsional tergantung pada macam produk dan kebiasaan dalam perdagangan.
• Pendekatan manajerial yang mempelajari pemasaran berdasarkan pada manajer serta keputusan yang diambilnya.
• Pendekatan sosial


SUMBER:
(PENGANTAR BISNIS MURTI SUMARNI-JOHN SOEPRIHANTO)
(M.Fuad PENGANTAR BISNIS Tahun 2004)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar