Laman

Senin, 01 November 2010

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

MANAJEMEN DAN ORGANISASI

1.Manajemen
• Pengertian manajemen dan peranan manajemen
Manajemen merupakan suatu proses yang trediri atas kegiatan-kegiatan perencanaan,pengorganisasian,pengarahan dan pengendalian yang dilakukan untuk menentukan serta mencapai sasaran melalui pemanfaatan sumberdaya manusia dan sumber daya yang lain.
• Peranan manajemen
1. Peran Interpersonal
Yaitu hubungan antara manajer dengan orang yang ada di sekelilingnya.
2. Peran Informasi
Adalah peran dalam mengatur informasi yang dimiliki baik yang berasal dari dalam maupun luar organisasi.
3. Peran Pengambil Keputusan
Adalah peran dalam membuat keputusan baik yang ditentukan sendiri maupun yang dihasilkan bersama pihak lain.







• Latar belakang sejarah manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal. Mary Parker Follet, misalnya, mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Definisi ini berarti bahwa seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien. Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal
Banyak kesulitan yang terjadi dalam melacak sejarah manajemen. Namun diketahui bahwa ilmu manajemen telah ada sejak ribuan tahun yang lalu. Hal ini dibuktikan dengan adanya piramida di Mesir.[6] Piramida tersebut dibangun oleh lebih dari 100.000 orang selama 20 tahun. Piramida Giza tak akan berhasil dibangun jika tidak ada seseorang tanpa mempedulikan apa sebutan untuk manajer ketika itu yang merencanakan apa yang harus dilakukan, mengorganisir manusia serta bahan bakunya, memimpin dan mengarahkan para pekerja, dan menegakkan pengendalian tertentu guna menjamin bahwa segala sesuatunya dikerjakan sesuai rencana.




• Fungsi dan proses manajemen
Fungsi manajemen yaitu melakukan perencanaan,pengorganisasian,pengerahan,pengkoordinasian,pengendalian kemudian terdapat aktivitas khusus yang merupakan bagian dari suatu proses manajemen dengan menggunakan metode ilmiah dan seni dalam setiap pendekatan atau penyelesaian masalah meliputi :
*mengetahui adanya persoalan
*mendefinisikan persoalan
*mengumpulkan fakta dan informasi
*menyusun alternative penyelesaian
*mengambil keputusan dengan memilih salah satu alternative penyelesaian
*melaksanakan keputusan secara tindak lanjut.

• Cirri-ciri manajer professional
Seorang manajer yang dapat bertanggung jawab atas semua pekerjaannya dan dapat membagi waktu antara kerjaaan dengan urusan yang lain serta professional terhadap karyawan meskipun salah satu karyawan tersebut adalah anggota keluargannya sendiri.Jangan membedakan antara karyawan dengan karyawan lainnya.







• Keterampilan manajer yang dibutuhkan
1. Keterampilan teknis adalah kemampuan untuk menggunakan alat-alat,teknis dan prosedur suatu bidang khusus seperti dokter bedah,penari,penerbang.
2. Keterampilan manusiawi adalah kemampuan untuk beker4ja dengan orang lain,memahami dan memotivasi orang lain baik individual maupun kelompok.
3. Keterampilan konseptual adalah keterampilan untuk mengkordinasi semua kepentingan dalam kegiatan organisasi.
2.Organisasi
• Definisi organisasi
Organisasi adalah bentuk setiap perserikatan orang untuk mencapai suatu tujuan bersama.
• Pentingnya mengenal organisasi
Untuk mempermudah kita dalam melaksanakan tugas membagi tugas kegiatan besar menjadi kegiatan kecil selain itu untuk mempermudah pimpinan melaksanakan pengawasan.
• Bentuk-bentuk organisasi
1.Organisasi garis
Organisasi jenis ini garis bersama dari kekuasaan dan tanggung jawab pada setiap tingkat pimpinan dari yang teratas sampai terbawah.
2.Organisasi garis dan staf (line staf organitation)
Organisasi ini banyak digunakan pada perusahaan beser yang luas daerah kerjanya serta memiliki bidang tugas yang kompleks.
3.Organisasi fungsional
Struktur ini merupakan bentuk organisasi yang susunannya berdasarkan atas fungsi-fungsi yang ada dalam organisasi tersebut.

• Prinsip-prinsip organisasi
a.Pembagian kerja
b.Kesatuan perintah
c.Prinsip scalar
d.Rentang kendali


• Sebab keberhasilan dan kegagalan organisasi

Keberhasilan organisasi adanya stuktur yang mapan sangat diperlukan untuk menjamin agar rencana manajer dapat dilaksanakan.Begitu juga sebaliknya dengan kegagalan.




SUMBER :
(PENGANTAR BISNIS MURTI SUMARNI-JOHN SOEPRIHANTO) http://organisasi.org/macam-jenis-peranan-manajemen-peran-manajer-dalam-organisasi-perusahaan-ekonomi-manajemen
(M.Fuad PENGANTAR BISNIS Tahun 2004)
http://wapedia.mobi/id/Manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar