Laman

Minggu, 28 November 2010

MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

MANAJEMEN KEUANGAN PERUSAHAAN

1. Peran dan tanggung jawab manajer keuangan
• Peran dan tanggung jawab manajer keuangan meliputi perolehan dana, pengumpulan dana, pembayaran utang perusahaan,pengendalian keseimbangan kas perusahaan, serta perencanaan kebutuhan keuangan.
• Tanggung jawab utamanya adalah meningkatkan nilai perusahaan atau meningkatkan kesejahteraan para pemegang saham perusahaan.

 Penganggaran modal (capital budgeting)
Seluruh proses perencanaan dan pengambilan keputusan yang berkenaan dengan pengeluaran dana yang jangka waktu pengambilannya melebihi satu tahun.
 Penggolongan investasi aktiva tetap dan pemilihan alternative :
 Investasi penggantian suatu aktiva yang sudah aus atau usang harus diganti dengan aktiva baru bila diproduksi akan tetap dilanjutkan.
 Investasi penambahan kapasitas investasi ini sering juga bersifat investasi penggantian seperti usul penambahan jumlah mesin atau pembukaan pabrik baru.

 Metode penilaian investasi
Metode yang mendasarkan perhitungan atas keuntungan akuntansi contoh : (average rate of return (accounting rate of return))
Metode yang mendasrkan perhitungan atas dasar cash flow (arus kas) contoh : pay back period method,internal rate of return,net present value, dan profitability index.
 Arus kas masuk
Aliran kas masuk netto (Net Csah Inflow) yaitu aliran uang tunai masuk sebagai hasil dari investasi baru.
Aliran kas untuk tujuan penganggaran modal.Arus kas sesudah pajak atas semua modal.

 Metode average Rate Of Return
Metode ini menggunakan presentase keuntungan netto setelah pajak atas investasi awal atau rata-rata investasi awal.Data keuntungan diperoleh dari laba pembukuan akuntansi.
Accounting rate of return atas dasri investasi awal
EAT × 100%
Intial investment

 Metode Masa Pengembalian Investasi
Metode ini mendasarkan perhitungan pada arus kas investasi. Dalam metode ini akan dihitung berapa lama arus kas masuk dapat menutupi aliran kas keluar yang dipakai sebagai investasi awalnya.
Jumlah dana yang belum tertutup × 1 Tahun
Net proceeds tahun berikutnya

 Metode Net Present Value
Metode ini digunakan dalam penilaian investasi karena mampu mengatasi kelemahan dari metode penilaian lain yaitu memprhatikan nilai waktu dari uang.
n
NPV =∑ At -Io
r=0 (1+r)t


 Metode Profitability Index
Metode ini dapat menjadi pelengkap bagi perhitungan dalam menentukan usulan investasi mana yang akan dipilih apabila perusahaan memiliki keterbatasan dana.Metode ini juga dapat membantu dalam menentukan proyek mana yang menghasilkan pendapatan lebih besar untuk setiap biaya yang dikeluarkan.

P= PV Proceeds
PV Outlays

 Metode Internal Rate Of Return
Metode ini sebagai tingkat bunga yang akan menjdikan nilai sekarang dari proceeds yang diharapkan akan diterima sama dengan nilai sekarang dari pengeluaran modal.Denagn kata lain internal rate of return adalah suatu tingkat bunga atau tingkat diskonto yang menghasilkan NPV suatu investasi sama dengan nol.


SUMBER: PENGANTAR BISNIS M.FUAD,CHISTINE H,NURLELA,SUGIARTO, PAULUS Y.E.F

Tidak ada komentar:

Posting Komentar