Laman

Minggu, 17 Oktober 2010

RUANG LINGKUP BISNIS

RUANG LINGKUP BISNIS

1.Pengertian bisnis dan jenisnya
Bisnis adalah usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen.
Usahawan atau pelaku bisnis harus mampu memadukan 4 macam sumber daya yaitu :
1. Sumber daya materi
2. sumber daya manusia
3. sumber daya keuangan
4. sumber daya informasi
Sifat Perusahaan
Perusahaan bersifat dinamis, mengalami kemajuan atau kemunduran pada saat bergerak melalui siklus hidupnya. perubahan atas kondisi ekonomi dan pasar memerlukan pemikiran kembali atas strategi perusahaan metode dan sarana yang digunakan untuk menghadapinya.
Tujuan Bisnis
Setiap Bisnis atau perusahaan berusaha mengolah bahan untuk dijadikan produk yang diperlukan oleh konsumen produk dapat berupa barang atau jasa. Tujuan perusahaan membuat produk adalah untuk mendapatkan laba, yakni imbalan yang diperoleh perusahaan dari penyediaan suatu produk bagi konsumen.
Empat faktor produksi dalam perusahaan :
1.Sumber Daya Alam
2. Sumber Daya Manusia
3. Modal dan
4. Informasi

Macam-macam kegiatan bisnis antara lain :
1.bisnis membuka rumah makan dengan menjual berbagai macam menu masakan seperti masakan sunda dengan menu yang telah disajikan ayam bakar.lalapan,sambel dll.
2.bisnis mengajar apabila seseorang mempunyai kepandaian dengan mengadakan kursus
3.bisnis menjual sepatu hasil karya sendiri dengan mempromosikan melalui jejaring social seperti facebook dan lainnya.

2.Tujuan kebijakan bisnis dalam suatu negara :
Pada dasarnya kebijakan bisnis suatu Negara diambil oleh pemerintah memiliki dua saasaran yaitu mementingakan masyarakat atau mementingkan kalangan bisnis. Keduanya menjadi saling berlawanan dan sangat sulit untuk mengambil kebijakan yang menguntungkan kadua belah pihak. Oleh sebab itulah bisnis yang memiliki kekuatan meteriil berusaha semaksimal mungkin untuk mempengaruhi kebijakan yang akan dikeluarkan oleh pemerintah. Selain itu bisnis memang meliki kekuatan posisi yang lebih besar dari masyarakat biasa karena bisnis mampu berperan sebagai penggerak perekonomian yang nantinya juga akan menggerakkan roda kehidupan masyarakat.

3.Sistem perekonomian dan system pasar :
a.Sistem Ekonomi Traditional
System ekonomi tradisional diterapkan masyarakat yang belum maju.Sitem ini didasarkan pada kebiasaan turun temurun.
Seperti tehnik produksi menggunakan alat sederhana dan sangat kuat terikat dengan adat.
b.Sistem Ekonomi Terpusat(Guided Economy Sytem)
Dalam sitem ekonomi ini produksi,distribusi, dan konsumsi seluruhnya diatur oleh pemerintah.barang modal atau alat produksi milik pemerintah serta tidak ada keterlibatan pihak swasta.
c.Sitem Ekonomi Liberal
Sistem ini membolehkan persaingan bebas. Sistem ekonomi liberal menghendaki kebebasan bagi setiap warga negranya dalam berusahadan memiliki benda, baik benda modal maupun barang-barang konsumsi.Sistem ini tidak menghendaki campur tangan pemerintah dalam bidang ekonnomi.
d.Sistem Ekonomi Campuran
Dalam system ekonomi campuran,sector swasta dan pemerintah sama-sama diakui untuk bersama-sama merencanakan arah dan perkembangan ekonomi sesuai dengan sasaran atau tujuan yang telah ditetapkan.Pemecahan masalah dasar ekonomi ditangani secara bersama-sama antara pemerintah dan swasta.
e.Sitem Ekonomi Demokrasi
Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasar asas kekeluargaan.Cabang-cabang produksi yang penting bagi Negara dan menguasai hajat hidup orang banyak dikuasai oleh Negara.
f.Sistem Pasar
Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalism untuk menciptakan sebuah lingkungan dimana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan dalam batas tertentu.Sebagai akibatnya,barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran dan permintaan.

4.Kesempatan Bisnis atau Usaha
Kesempatan bisnis sangat lah besar dikalangan pebisnis ,jangan takut untuk bisnis masalahnya peluang bisnis sangatlah besar untuk masa depan pelaku bisnis tersebut.pelaku bisnis adalah manusia yang di karuniai Tuhan dengan akal sehingga bisa berpikir untuk menjalankan bisnis dan bisa menjadi kaya secara materi dan pengalaman.
Makanya kesempatan peluang bisnis sangatlah besar apalagi untuk pelaku bisnis yang sangat
berpengalaman dan professional .

5.unsur-unsur penting dalam aktifitas ekonomi
a.kemampuan manusia:yang dimaksud dalam kempuan manusia itu sendiri dalam hal berbisnis dan keinginan yang timbul dari dalam diri manusianya.
b.modal untuk membuka usaha yang akan dijalankan.
c.mengerti akan hal-hal bisnis seperti menata manajemennya sehingga mengetahui keuntungan dan kerugian yang diperoleh.
d.bekerja sama dengan kerabat dalam berbisnis dengan orang yang benar dapat dipercaya.

6.Hakikat Bisnis
Hakikat bisnis yang sesungguhnya adalah mementingkan orang lain. Ini bukan sekadar konsep kemuliaan dan spiritualitas. Ini konsep bisnis. Bahkan saya ingin mengatakan bahwa bisnis itu sendiri pada hakekatnya adalah spiritualitas. Bisnis yang sejati haruslah dilandaskan pada spiritualitas dan akan menghasilkan tingkat spiritualitas yang lebih tinggi, baik bagi pelaku maupun pelanggan. Orang yang melayani orang lain dengan keahlian yang tinggi akan menjadi orang yang penting dan bernilai. Bukankah kita senang dengan orang-orang yang memperhatikan kita, memperjuangkan yang terbaik bagi kita, serta meletakkan kepentingan kita di atas kepentingan mereka sendiri.

7.Mengapa belajar bisnis
Karena bisnis sangatlah besar keuntunganya bagi para pelaku bisnis.karena bisnis meupakan suatu usaha perdagangan yang dilakukan oleh sekelompok orang yang terorganisasi untuk mendapatkan laba dengan memproduksi dan menjual barang atau jasa pelaku bisnis untuk masa depanya.dan keuntungan tersebut untuk suatu Negara.

Daftar Pustaka
(http://wbiww.slideshare.net/djhony/beberapa-definisi-menurut-para-ahli)
(http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_perekonomian)
(http://web.bisnis.com/kolom/2id2023.html)
(Sumarni,Murti .PENGANTAR BISNIS,Soeprihanto,jhon .PENGANTAR BISNIS)


























































































































































































































































































































































































































































































































e

Tidak ada komentar:

Posting Komentar