Laman

Senin, 18 Oktober 2010

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN

PERUSAHAAN DAN LINGKUNGAN PERUSAHAAN
1.Pengertian perusahaan
Perusahaan adalah suatu organisasi yang didirikan oleh seseorang atau sekelompok orang atau badan lain yang kegiatannya adalah melakukan produksi dan distribusi untuk memenuhi kebutuhan ekonomis manusia.Diantara kebutuhan ekonomis manusia adalah pangan,sandang,papan dan kesenangan.kegiatan produksi dan distribusi dilakukan dengan menggabungkan berbagai factor produksi yaitu alam(tanah,air,hutan,laut),manusia(sebagai tenaga kerja) dan modal (uang,mesin-mesin,bangunan dll).
2.Tempat kedudukan dan letak perusahaan
Letak perusahaan sering pula disebut tempat kediaman perusahaan.temapt yang dimana perusahaan tersebut melakukan kegiataan sehari-hari.karena itu suatu perusahaan lokasi perusahaan harus strategis,untuk mempengaruhi pemilihan letak perusahaan tersebut.
• jenis letak perusahaan
A.letak perusahaan yang terikat pada alam :Letak perusahaan ini sangat ditemukan oleh sumber-sumber alam.jadi tidak dapat ditentukan oleh manusia misalnya: usaha pertanian dan pertambangan.
B.letak perusahaan bedasarkan sejarah :Letak perusahaan ini hanya dapat dijelaskan dengan adanya sejarah dilekoasi itu.contonya kerajinan batik di daerah surakata dan Yogyakarta.
C.letak perusahaan ditentukan pemerintah :Dalam hal ini pemerintah yang menentukan di mana perusahaan harus menjalankan aktivitasnya hal ini agar masyarakat disekitar lokasi itu tidak merasa terganggu karena adanya perusahaan itu.
D.letak perusahaan dipengaruhi oleh factor-faktor ekonomi :Pada umumnya jenis perusahaan ini bersifat industri seperti pabrik.
3.Perusahaan dan Lembaga Sosial
• tujuan perusahaan dari pendirian perusahaan akan tercapai apabila perusahaan dapat hidup berkembang dan memperoleh keutungan.untuk ini perusahaan harus diorganisasiakan dan dijalankan dengan baik.lain halnya dengan lembaga –lembaga pemerintah dan lembaga sosial lainya yang kegiatanya lebih ditujukan untuk kepentingan masyarakatnya umum,misalnya panti asuha dan rumah sakit.

• Sistem Perusahaan
Perusahaan sebagai suatu sistem: kombinasi berbagai sb. Ekonomi yang mempengaruhi proses produksi dan distribusi barang untuk mencapai tujuan tertentu Sifat sistem perusahaan:
Bersifat kompleks berhubungan dengan pemasok, pemerintah, masyarakat, LN, dsb
Satu kesatuan setiap sub sistem berjalan untuk mencapai tujuan
Berbagai jenis Jenis perusahaan berbagai ukuran, bentuk dan jenis usahanya
Saling bergantung suatu perusahaan bergantung kepada pihak lain seperti pemasok dan pemilik dana
Dinami Kekuatan interen dan eksteren mendorong perusahaan terus berubah menyesuaikan kondisi lingkungan yang dinamis

• .Fungsi –fungsi Perusahaan
Fungsi Ekonomi
Sebagai sarana dan prasarana publik senantiasa dituntut untuk meningkatkan kemampuan pengembangan usaha dan memenuhi kewajiban-kewajiban lainnya dengan cara pengelolaan Perusahaan Daerah Jasa Transportasi secara sehat berdasarkan asas ekonomi Perusahaan.
Fungsi Sosial
Sebagai sarana Publik dalam melaksanakan pengelolaan jasa transportasi yang merupakan urat nadi pembangunan suatu daerah senantiasa dituntut untuk dapat memberikan pelayanan yang optimal kepada seluruh lapisan masyarakat dari semua golongan masyarakat dengan memberlakukan tarif yang terjangkau sesuai kemampuan masyarakat dan aspek keadilan

• Ciri-Ciri Perusahaan
a.Mempunyai sumber daya manusia yang handal seperti di dalamnya ada direktur,manager.karyawan.
b.Mempunyai sumber daya alam tanpa harus memusnahkannya.
c.Usaha yang dilakukan :membeli barang dagang dan menjualnya tanpa mengadakan perubahan terlebih dahulu.
d.Kegiatan akuntansi :menggunakan persediaan barang dagang ,adanya perhitungan harga pokok penjualan, laporan laba rugi dapat menggunakan bentuk single step dan multi step.

4.Macam lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap perusahaan
• Jenis-jenis lingkungan perusahaan dan pengaruhnya terhadap lingkungan:
1. Lingkungan eksternal perusahaan factor luar dunia usaha yang mempengaruhi lingkungan perusahaan eksternal dibedakan menjadi lingkungan eksternal makro dan mikro.
Lingkungan eksternal makro yang berpengaruh tidak langsung terhadap kegiatan usaha.
Lingkungan eksternal mikro yang berpengaruh langsung terhadap kegiatan usaha.

2. Lingkunagan internal factor yang berada dalam kegiatan produksi langsung mempengaruhi hasil produksi.






5.Pendekatan dalam melihat bisnis dan lingkungan
Bisnis sangat terpengaruh dengan lingkungan apabila kita ingin berbisnis harus menyesuaikan lingkungan sekitar dan situasi kondisi pada selera konsumen.Karena situasi tersebut dapat menguntungkan bagi pelaku bisnis.Sebagai pelaku bisnis kita juga harus melihat lingkungan sekitar kita atau tempat kita berbisnis apakah lokasi tersebut dekat dengan konsumen atas,menengah atauh bawah.








Daftar Pustaka
(M.Fuad pengantar bisnis tahun 2004 )
(Pengantar bisnis Mutri Sumarni )
(http://pdjtkotabogor.com/node/12)
(Ekonomi Alam S ESIS)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar