Laman
Selasa, 20 November 2012
KARAKTER YANG DIPERLUKAN SEORANG KARYAWAN (BI-01-SS-12)
1.Adaptasi
Seorang pegawai harus dapat menyesuaikan diri terhadap lingkungannya,dimana dia dapat menempatkan diri ketika berada dimana saja.Perusahaan akan memilih pegawai yang dapat dengan cepat menyesuaikan diri terhadap lingkungan sekitarnya dengan begitu pekerjaan yang ia kerjakan akan mendapat hasil yang maksimal.Seorang pegawai juga harus tahu posisi yang dia jalankan ketika berada di dalam ruang kerja ataupun di lapangan.
2.Kerja sama tim
Perusahaan juga mengiginkan mendapat keuntungan yang besar dari produksinya.Oleh karena itu perusahaan melalui atasannya membuat suatu kerja sama tim yang dibuat antar pegawai.Kerja sama tim yangdiharapkan sebuah perusahaan dimana semua anggota tim dapat menghasil yang terbaik yang diinginkan oleh perusahaan.Di dalam kerja sama tim pegawai dapat membagi tugas-tugasnya bekerja sama tidak saling egois dalam mengemukakan pendapat satu tim satu hasil yang baik itu yang perlu diwujudkan.
3.Komunikasi
Seorang pegawai juga harus bisa berkomunikasi dengan baik,dengan baik disini yang diartikan jika sedang melakukan presentasi komunikasi dengan para audiens harus menggunakan bahasa Indonesia yang sopan dan baik.Pegawai jika dapat berbicara dengan lawa pembicaranya dengan cara yang benar dia akan mendapat point tersendiri karena di era masa kini jarang sekali seorang pegawai dapat berkomunikasi dengan baik.
Tidak hanya berbicara dengan orang lain tetapi juga harus dapat mendengarkan sesuatu topik ataupun hal lain yang harus kita simak dan dengarkan.Pegawai dianjurkan dapat memiliki keahlian dalam berbagai macam bahasa.
4.Critical observation
Mampu menghadapi suatu masalah yang terjadi sesuai dengan kasus pegawai tersebut dan mengabil keputusan secara kritis ,dengan mencermati masalah yang terjadi dan memberikan suatu masukan sebagai jalan keluarnya.
5.Dapat memecahkan masalah
Jika mendapatkan suatu permasalahan harus bisa menyelesaikannya dengan cara yang baik dan dapat menemukan solusi yang tepat.Dengan cara mentelaah permaslah tersebut lebih detail pasti akan dapat menemukan solusi yang tepat untuk memecahkannya.
6.Konflik resolusi
Prinsip-prinsip dasar dalam resolusikonflik:
Fokus pada situasi, isu, tingkah laku (bukan pada orang). Jaga kepercayaan diri dan hargai orang lain. Jaga hubungan yang konstruktif. Berinisiatif untuk membuat sesuatu lebih baik. Pimpin dengan memberi contoh dan berpikir kedepan.
Prinsip dasar diatas dilakukan dalam mencari resolusi konflik, namun ada prinsip dasar yang lain yaitu: Berpikir sebelum berreaksi, mendengarkan dengan aktif, jamin proses adil, bidik masalah, terima tanggungjawab, gunakan komunikasi langsung, pahami kepentingan, fokus masa depan dan pilih yang saling menguntungkan.
Dalam sebuah konflik jika tidak dapat diselesaikan akan menimbulkan dampak yang sangat merugikan apalagi konflik tersebut sudah dalam skala yang besar seperti perang suku, kerusuhan antar SARA. Kerugian yang ditimbulkan hilangnya nyawa dan materi atau secara psikologis.
REFERENSI : http://menotimika.wordpress.com/2007/07/20/resolusi-konflik
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar